HAKIKAT MANUSIA

MEMANUSIAKAN MANUSIA

PROFIL LEMBAGA


PROFIL MADRASAH ALIYAH SUMBERBARU JEMBER

A.  Sejarah singkat MA Miftahul Ulum Sumberbaru Jember
Perkembangan zaman semakin pesat dan tidak bisa dipungkiri lagi dalam fenomena masyarakat, hal tersebut memberikan dampak yang sangat besar terhadap pendidikan sehingga pendidikan disebuah lembaga harus mampu mengimbanginya, tidak hanya mempelajari ilmu yang berbasis Islam tapi juga mempelajari ilmu umum. Jalan satu-satunya untuk melakukan sintesa pendidikan, dengan membentuk lembaga pendidikan formal yang berbasis keislaman seperti MI, MTs dan MA hingga perguruan tinggi. Salah satu lembaga Yayasan yang mendirikan lembaga pendidikan formal mulai dari MI dan MTS hingga MA tersebut adalah lembaga yayasan Sosial Pendidikan Dakwah Islamiyah Miftahul Ulum. Madrsah Aliyah Miftahul Ulum didirikan karena tuntutan Zaman serta memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan mewadahi lulusan MTS setempat.
Oval: 7Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru merupakan madrasah yang memadukan antara kurikulum Pendidikan Nasional (K13) dengan kurikulum khas yayasan. Penambahan kurikulum khas yayasan merupakan ciri khas yang ingin diunggulkan berkaitan status Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru. Oleh karena itu, kurikulum khas Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru merupakan pengembangan dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kurikulum khas Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru meliputi mata pelajaran Akidah Akhlak, Fiqih, Al Qur’an Hadits, Bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam.
Penekanan Kurikulum khas Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru berorentasi dengan pelaksanaan ibadah sehari-hari seperti wudhu dan shalat. Kurikulum khas yayasan juga direlevankan dengan kebutuhan masyarakat setempat dan dinamika kehidupan masa kini.
Selain penambahan kurikulum khas Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru, pembelajaran di dalam kelas didukung oleh program pembiasaan yang di dasarkan kepada nilai-nilai Islam dengan pemahaman yang benar. Para siswa diajarkan etika yang bernuansa islam, baik dalam bergaul dengan sesama siswa maupun dengan guru dan orangtua.
Para siswa juga dibiasakan dengan pakaian yang sopan dan sesuai dengan tuntunan syari’at. Agar supaya merka terbiasa mengimplementasikan  nilai-nilai Agama dalam kehidupan sehari-hari.
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru menerapkan belajar 6 (enam) hari, yaitu mulai hari Sabtu sampai dengan hari Kamis. Pembelajaran dimulai pada pukul 7.15 WIB sampai dengan pukul 10.30 bagi kelas X dan XI.
B.  Identitas Sekolah MA Miftahul Ulum.
1.      Nama Madrasah                      : Madrasah Aliyah Miftahul Ulum
2.      No. Statistik Madrasah           : 1312 35090101
3.      Alamat Lengkap Madrasah     : Dusun Karanganom
Dusun                                      : Karanganom
Desa /Kecamatan                    : Karangbayat
Kab / Kota                              : Jember          
Provinsi                                   : Jawa Timur
No. Tlp                                    : 082331444124
Alamat Email                          : mamiftahululum4@gmail.com
4.      Nama Kepala Madrasah          : ABDUL AZIZ, S.Pd.
5.      Nama Yayasan                        : YSPDI Miftahul Ulum  
6.      Alamat Yayasan                      : Jl. Dusun Karanganom
: Desa Karangbayat
: Kecamatan Sumberbaru
: Kabupaten Jember
7.      No. Tlp. Yayasan                    : 085258198816
8.      No. Akte Pendirian Yayasan  : No. 34, Tgl 16 Oktober 2015/Achmad
                                                : Muthar SH.
9.      Alamat Email                          : miftahululumy@gmail.com

C.  Visi, Misi Dan Tujuan MA Miftahul Ulum  Sumberbaru Jember.
1.      VISI MA Miftahul Ulum
“MEMBENTUK MANUSIA BERIMAN, BERTAQWA, BERILMU, KREATIF DAN BERAKHLAQUL KARIMAH”.
Indikator-indikatornya:
Menjadikan ajaran dan nilai-nilai Islam sebagai pedoman hidup dalam     kehidupan sehari-hari.
Memiliki kemampuan iptek yang berorientasi ke masa depan dan inovatif
1.      Memiliki semangat berfikir Menumbuhkan sikap ,tingkah laku, dan amaliah Islam di lingkungan madrasah.

1.     modern berlandaskan iman dan taqwa

2.     Memiliki kemampuan dalam prestasi ujian nasional

3.     Memiliki kemampuan dalam memasuki perguruan tinggi negeri/faforit

4.     Memiliki kompetisi memasuki lapangan  pekerjaan

5.      Memiliki lingkungan madrasah yang berkepribadian Islami

6.      Memiliki lingkungan madrasah yang bersih, indah dan nyaman.


2.      Misi  Madrasah
1. Menumbuhkan Taat dalam beribadah sesuai dengan tuntunan Islam
2.      Menumbuhkan kedisiplinan, mandiri dan sopan santun.
3.      Menumbuhkan semangat belajar ilmu Agama dan Umum
4.      Menumbuhkan semangat kompetisi prestasi akademik dan non akademik
5.      Memotivasi dan mefasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan sesuai bakat dan minatnya
6.      Terwujudnya madrasah yang berkualitas
3.      Tujuan Madrasah
Tujuan yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru adalah sebagai berikut ;
Meningkatkan keefektifan proses pembelajaran dalam kelas maupun luar kelas
1.      Meningkatkan kualitas peribadatan siswa.
2.      Meningkatkan pengamalan ucapan salam, ramah dan sopan santun
3.      Agar peserta didik memiliki pengetahuan ilmu Agama dan umum
4.      Agar supaya lembaga dapat menumbuhkan peserta didik yang berprestasi.
5.      Agar terjalin hubungan baik antara guru dan siswa
6.      Agar tercipta sumberdaya manusia yang berkualitas dalam aspek keilmuan yang dimiliki dan karir  
7.      Mempermudah dan membantu dalam melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
8.      Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang diperhitungkan oleh masyarakat Jember khususnya dan Indonesia pada umumnya.
9.      Terjalinnya kerjasama dengan pihak luar dalam meningkatkan kualitas Madrasah
D.  Program-Program MA Miftahul Ulum Sumberbaru Jember
1.    Program Unggulan Ma Miftahul Ulum
a, Membentuk skil dalam berbahasa Arab dan Inggris
b.   Memberikan skil  Menjahit terhadap siswa dan siwi MA
2.    Program hariyan
a.    Membaca mufradat bahasa arab dan kosakata bahasa inggris
b.   Kegiat belajar mengajar (KBM)
3. Program Bulanan
a. Mengadakan pelatihan menjahit satu bulan satu kali
b. Membentuk diskusi dengan bahasa arab dan bhs inggris
c. Rapat dengan guru
4. Program tahunan
a. Mengadakan rapat dengan wali murid disetiap awal tahun
b. Mengadakan rapat dengan guru dalam mempersiapkan  promusi penerimaan siswa baru.
E.   Struktur Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru Jember.
Kepala Madrasah                       : ABDUL AZIZ, S.Pd.
Waka Kurikulum                       : NUNUNG WAHYU H, S.Pd.I
Waka Kesiswaan                       : LUTFI S.Pd.I
Waka Bp/Bk                              : ENDANG HARTATIK, S.Pd.I
Waka Bendahara                       : TAUFIQ HIDAYAT
Waka Humas                             : Faisol Ridwan
Dewan Guru
1.    Komite Madrasah Miftahul ulum
Ketua                 : AHMAD MUAYYANI, S.H.I.
Anggota             : TATAK H S.Pd.
   MADU RATNA, S.E.
  SARI WIDOWATI, S.H.I.

F.    Rencana tahapan Pelaksanaan
Rencana Induk Pengembangan Madrasah untuk 5 tahun yang akan datang perlu dilaksanakan secara bertahap. Tahap-tahap pelaksanaannya akan dijabarkan sebagai mana berikut:



1.    Strategi Pelaksanaan
Program Rencana Induk Pengembangan Madrasah (RIPS) Madrasah Aliyah Miftahul Ulum direalisasikan dengan menempuh strategi tertentu. Melihat bidang garapan yang akan dikembangkan dan target pemenuhan kebutuhan yang akan dicapai, maka strategi yang akan ditempuh meliputi:
a.    mengelola Madrasah Aliyah sesuai dengan standar operasional manajemen Madrasah Aliyah.
b.    Konsolidasi manajemen Madrasah dengan jalan meningkatkan manajerial pengelolaan Madrasah.
c.    Meningkatkan pemanfaatan sumber daya manusia
d.   Memahami dan mengembangkan serta mengimplementasikan kurikulum pendidikan
e.    Mengembangkan serta meningkatkan kompetensi guru.
f.     Penyempurnaan kebutuhan sarana dan prasarana sesuai perkembangan teknologi.
g.    Melakukan pendekatan-pendekatan dengan dunia usaha/industri dan instansi pemerintah serta masyarakat umumnya dalam rangka penambahan wawasan siswa.
h.    Menjalin hubungan dengan masyarakat (orangtua siswa) yang lebih harmonis
2.    Langkah – Langkah Pencapaian Strategis
Langkah-langkah pokok yang perlu diambil dalam pelaksanaan Program Rencana Induk Pengembangan Madrasah (RIPS) Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberbaru dapat diuraikan sebagai berikut:
a.    Langkah Pertama
Menyusun dan mengembangkan Kurikulum 2013 (K13) Madrasah Aliyah Miftahul Ulum sebagai kurikulum operasional dengan berpedoman pada Standar kompetensi lulusan, standar isi, dan panduan penyusunan kurikulum yang telah dibuat oleh BSNP.
Pada tahap ini melibatkan Kepala Madrasah (ketua merangkap anggota), Guru (anggota), Konselor Madrasah (anggota), Komite Madrasah (anggota), Ahli pendidikan (nara sumber), pengawas Yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan formal dan Dinas Pendidikan (Melakukan Koordinasi dan Supervisi)
b.   Langkah Kedua
Berdasarkan Struktur Organisasi Madrasah yang ada dalam SK Pendirian dan peraturan-peraturan lain yang mendukung, dikembangkan sub organisasi sesuai dnegan perkembagnan dan tingkat kebutuhan yang mencakup penjabaran tugas pokok ke dalam uraian tugas yang lebih jelas, sehingga tidak terjadi kesimpangsiuran wewenang dan tanggungjawab. Pada langkah ini tercakup pula penunjukan/pengisian jabatan yang diberi tanggungjawab/wewenang menduduki sub-sub struktur.
c.    Langkah Ketiga
Dengan telah ditentukannya struktur organisasi dan penunjukan staff yang menduduki jabatan dalam Madrasah tersebut, maka Kepala Madrasah bersama-sama staff pimpinan inti membuat:
1.    Membuat program unggulan di MA Miftahul Ulum Sumberbaru
2.    Program kegiatan penyelenggaraan di Madrasah untuk satu tahun yang disebut Program Kerja Madrasah yang diambil dari RIPS yang telah diuraikan.
3.    Memantapkan program kerja kurikulum dan merealisasikan dalam bentuk nyata.
4.    Memantapkan program kerja persemester.
d.   Langkah Keempat
Langkah keempat merupakan langkah pengukuran periodik dalam mengadakan taksiran-taksiran pencapaian program. Langkah tersebut kemudian dijabarkan perpekan.
e.    Langkah Kelima
Langkah kelima, yang dinamakan langkah evaluasi program yang dilaksanakan pada minggu terakhir menjelang libur semester. Data yang dihasilkan merupakan masukan bagi Kepala Madrasah sebagai tindak lanjut berikutnya.
3.    Bidang yang dikembangkan
Bidang-bidang yang akan dikembangkan dijabarkan berupa kegiatan-kegiatan berikut:
a.    Bidang Ketatausahaan
1)   Urusan Administrasi Korespodensi
·       Penerimaan Surat    : Pencatatan, Registrasi, Agenda, Penomoran
·       Penyortiran    : Identifikasi, Klasifikasi, Rubrikasi, Kategorisasi, dan pemberian indeks.
·       Pengolahan    : Analisis, terjemahan, interpretasi, penyandian, grafik, dan tabel.
·       Penyimpanan  : Filling, konservasi, dokumentasi, file di CD
·       Pengiriman    : Pos biasa, kilat tercatat, telegram, kurir, faxmili, e-mail.
·       Notulen Rapat
·       Buku Tamu (Umum dan Supervisi)
·       Profil MA Miftahul Ulum Sumberbaru
2)   Urusan Administrasi Keuangan
·       Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah (RAPBS)
·       Buku Induk Keungan
·       Buku Kas Kecil
·       Buku Penerimaan Keuangan dari Berbagai Sumber
·       Mencatan pengeluaran dan pemasukan/anggaran untuk mendukung berbagai kegiatan
·       Menyimpan Uang dan menyusun laporan keuangan
3)   Urusan Administrasi Kesiswaan
·       Buku Induk Siswa, Buku Kleper, Buku Mutasi
·       Daftar Calon Siswa baru
·       Arsip Absen dan rekapitulasi kehadiran siswa
·       Daftar Kelas, piket, papan absensi siswa, peta kelas dan siswa.
·       Mencatat data pribadi siswa dan menyiapkan kartu pribadi
·       Memutakhirkan data atau meng Update/memperbaharui
·       Menganalisis data; Perkembangan Prestasi Siswa
·       Menyajikan data dalam berbagai bentuk: usia; latar belakang pendidikan; ayah; ibu; pekerjaan; agama; dll
·       Mendokumentasikan data
·       Melayani berbagai keperluan siswa
·       Data statistik siswa
·       Data siswa yang melanggar aturan sekolah
4)   Urusan Administrasi Kepegawaian
·       Struktur organisasi dan Kepegawaian
·       Buku Induk
·       Mencatat data pegawai, mem-file dan memutakhirkan data
·       Menganalisis data untuk keperluan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji.
·       Menyajikan data dalam berbagai bentuk tentang usia, latar belakang pendidikan, masa kerja, mata pelajaran yang diajarkan.
·       Mendokumentasi data; manual dan komputerisasi data.
·       Menelusuri data yang diperlukan
·       Kartu cuti, rekapitulasi kehadiran guru, dan siswa
·       Arsip SP 3
·       Tata tertib guru dan siswa
·       Data statistik guru/pegawai
5)   Urusan Administrasi Perlengkapan
a)    Bidang Kurikulum
·      Program Kerja Guru
·      Program Supervisi Kelas
·      Pelaksanaan Evaluasi Target Kurikulum
·      Pencapaian Target Kurikulum
·      Daya Serap Siswa
·      Pengaturan Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar dan Kegiatan Semesteran disesuaikan dengan kalender pendidikan.
b)      Bidang Kesiswaan
·      Menyelenggarakan Penerimaan Siswa Baru
·      Menyelenggarakan Masa Orientasi Siswa (MOS)
·      Meneliti Pengisian Buku Induk Siswa
·      Melaksanakan K5
·      Mengelola Bimbingan dan Penyuluhan
·      Mengelola Mutasi Murid/Siswa
·      Menyelenggarakan / membentuk / membimbing / mengevaluasi kegiatan kesiswaan dan olahraga prestasi
·      Meneliti Absensi Siswa serta mengambil langkah-langkah berkenaan dengan kesiswaan.
·      Mengelola Program Studi wisata
c)      Bidang Hubungan Masyarakat
·      Konsultasi dengan Intansi Luar ( Kandep)
·      Membina Hubungan dengan Intansi Terkait ( RT, RW, POLSEK, KORAMIL, KECAMATAN, dll.)
·      Membina Hubungan dengan Orang tua Murid.


Penutup
Kesimpulan
Itulah Profil serta rencana strategis MA Miftahul Ulum Sumberbaru Jember yang telah dirancang secara intensif untuk memenuhi kualitas pendidikan MA Miftahul Ulum Sumberbaru Jember. Semua itu dilakukan agar supaya lembaga pendidikan MA mampu menjadi lembaga pendidikan yang unggul serta berkualitas tinggi






Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Pages